Mesin Pencuci Wortel Berkualitas Hasil Bersih


Salah satu komoditas pertanian yang cukup potensial untuk mendukung arah pembangunan nasional dibidang pertanian adalah tanaman hortikultura. Salah satu tanaman hortikultura yang memiliki potensi yang dapat dikembangkan adalah umbi wortel. Dalam kegiatan budidaya, para petani masih menerapkan pola-pola tradisional yaitu menggunakan karung beras untuk mencuci umbi wortel sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama. Umbi wortel yang baru selesai dipanen, biasanya langsung dicuci di selokan dengan karung beras atau biasa dilakukan dengan cara memasukan wortel yang kotor ke dalam bak yang berisi air bersih, kemudian setelah wortel dimasukan para petani menginjak injak wortel dalam bak yang berisi air. Kekurangan dari cara tradisional tersebut antara lain :

  1. Wortel banyak mengalami kerusakan berupa patah, lebam dan goresan yang dalam pada batang wortel.
  2. Wortel yang dicuci pada bak dapat terkontaminasi oleh kotoran ketika digosok-gosok menggunakan kaki.
  3. Membutuhkan banyak pekerja untuk melakukan proses pencucian ini.
  4. Wortel dapat terkontaminasi oleh kuman dan penyakit dan juga bakteri Escherichia Coly sehingga diharuskan untuk diangkat dari air daripada direndam air atau dikeringkan, dalam hal ini sisa tanah yang terdapat pada wortel.
  5. Wortel yang dicuci menggunakan karung beras dengan menggunakan air selokan ini memungkinkan terjadinya kontaminasi silang dari air selokan yang digunakan ke wortel mengingat air selokan merupakan tempat saluran pembuangan limbah seperti limbah rumah tangga. Belum lagi terdapat bahan-bahan kimia seperti deterjen yang tidak baik buat kesehatan ikut menempel pada wortel. 

Selain aspek higienitas belum adanya teknologi mengenai pencucian wortel juga menjadi kendala saat masa panen raya umbi wortel tiba. Akan banyak wortel yang tidak laku terjual akibat rusaknya wortel-wortel, seperti patah ataupun terkelupas yang disebabkan oleh proses penanganan pasca panen yang kurang tepat. Penanganan pasca panen meliputi pencucian, pengemasan, dan pendistribusian. Namun, penurunan mutu fisik wortel banyak terjadi pada proses pencucian. Proses pencucian merupakan tahap pertama dan terpenting dalam penanganan pasca panen. Pencucian bertujuan untuk memisahkan sisa-sisa tanah, daun-daun kering, ataupun kotoran lain berupa lapisan tanah yang masih menempel pada permukaan wortel. Selain itu, proses pencucian dapat meningkatkan nilai jual wortel ketika didistribusikan.

Spesifikasi Mesin Pencuci Wortel 

  • Dimensi : 250 cm x 100 cm 140 cm
  • Rangka : UNP 10
  • Penggerak : Diesel 8 PK
  • Bisa custom ukuran atau warna
  • Mempunyai sistem sirkulasi air, agar air yang membawa kotoran bisa langsung keluar
  • Mempunyai mekanisme yang memungkinkan petani dapat menambahkan wortel ketika proses pencucian berlangsung.

Cara Kerja Mesin Pencuci Wortel 

Mesin pencuci wortel ini menggunakan drum pemutar dan memanfaatkan teknologi gaya sentrifugal dan digerakkan oleh motor dalam proses pencuciannya, sehingga dapat membantu petani dalam mencuci wortel yang baru dipanen dan diharapkan dapat mengurangi kerusakan wortel ketika proses pencucian. Cara kerja mesin ini adalah :

  1. Menghidupkan mesin dengan menyalakan motor bensin penggerak utama. Daya yang dihasilkan oleh mesin ditransmisikan gear dan rantai untuk memutar poros sikat dan memutarkan keranjang pencuci.
  2. Memasukkan wortel hasil panen ke dalam rotor atau bak pencuci
  3. Lalu proses pencucian wortel melalui perendaman. Perendalam ini berfungsi untuk melunakkan tanah ataupun kotoran lain yang menempel di wortel untuk mempermudah penyikatan.
  4. Pada proses penyikatan dengan menggunakan alat penyikat yang berputar untuk menghilangkan lumpur atau tanah yang menempel pada wortel sehingga lapisan tanah atau kotoran lainnya berkurang dan hilang. Alat penyikat terbuat dari bahan nylon atau sintetis, lentur dan tahan terhadap gesekan. yang dipasangkan pada rotor yang berputar dengan air yang disemprotkan secara kontinyu mengenai wortel.

Keunggulan Mesin Pencuci Wortel

Keunggulan dari mesin ini yaitu menghemat waktu dan tenaga kerja, penampung air yang terpisah dari penampungan dapat dipakai hingga 3 kali proses pencucian, menggunakan motor bensin sebagai penggerak utama sehingga dapat mempercepat proses pencucian dan menghemat tenaga dalam proses pencucian.

Untuk info stock produk mesin dan penawaran bisa menghubungi kami di :

ArtikelBlogMesin MakananMesin Pertanian

Leave a Reply

Your email address will not be published.