Mesin Cacah Rumput Multiguna

Secara umum mesin pencacah rumput merupakan suatu alat yang penggunaanya sangat dibutuhkan oleh masyarakat pengusaha pakan ternak khususnya peternakan sapi. Alat pencacah sangat identik dengan menghaluskan suatu benda, namun tidak selamanya sesuatu yang dihaluskan itu akan menjadi tidak berguna lagi jika dibandingkan dengan sebelum dihaluskan. Ada beberapa yang justru akan menjadi sangat lebih bermanfaat setelah mengalami proses penghalusan apabila dibandingkan dengan sebelum dihaluskan, salah satunya yaitu rumput yang akan diproses dalam pencacahan, dan diolah menjadi pakan ternak. 

Spesifikasi Mesin Pencacah Rumput

Mesin Cacah Rumput Sedang

Dimensi : 160 cm x 90 cm x 95 cm

Rangka : Siku 5×5

Penggerak : Diesel 8 PK

Kelebihan Mesin Pencacah Rumput

  1. Desain mesin kokoh dan kuat
  2. Bentuk mesin yang ringkas dan sederhana
  3. Mempunyai pisau mesin yang ketajaman dan kekerasan yang tinggi sehingga lebih awet 
  4. Hasil cacahan berukuran kecil, sehingga memudahkan proses pembuatan campuran untuk pakan ternak ataupun pupuk organik
  5. Mampu mencacah daun, rumput, ranting, jerami, dan daun pisang

Cara Kerja Mesin Pencacah Rumput

Tanaman rumput yang akan dicacah dimasukkan melalui sebuah saluran masuk, dicacah dalam sebuah boks pencacahan, dan keluar berupa potongan-potongan kecil. Mesin pencacah rumput pakan ternak hasil modifikasi ini menggunakan motor listrik sebagai sumber tenaga penggerak. Mesin ini mempunyai sistem transmisi tunggal yang berupa sepasang pulley dengan perantara v-belt. saat motor listrik dinyalakan, maka putaran motor listrik akan langsung ditransmisikan ke pulley 1 yang dipasang seporos dengan motor listrik. Dari pulley 1, putaran akan ditransmisikan ke pulley 2 melalui perantara v-belt, kemudian pulley 2 berputar, maka poros yang berhubungan dengan pulley akan berputar sekaligus memutar pisau perajang, Hal tersebut dikarenakan pisau perajang dipasang seporos dengan pulley 2. Meski terkesan memiliki fungsi yang sederhana namun mesin berperan cukup besar dalam proses pencacahan. Mesin pencacah rumput terdiri dari motor yang berfungsi sebagai penggerak, sistem transmisi, casing, poros rangka, dan pisau perajang. Mesin ini merupakan mesin serbaguna untuk perajang hijauan, khususnya digunakan untuk merajang rumput pakan ternak. Pencacahan ini dimaksudkan untuk mempermudah ternak dalam memakan. disamping itu juga untuk memperirit rumput.

Cara Merawat Mesin Pencacah Rumput

Cara merawat mesin cacah rumput sebenarnya cukup mudah karena mesin ini hanya perlu digunakan sesuai dengan kapasitas yang dimiliki agar tidak mengalami kerusakan. Jangan memasukkan rumput melebihi kapasitas yang mampu dirajang oleh mesin ini. Selain itu, mesin harus dibersihkan dari sisa rumput yang menempel setelah digunakan untuk merajang agar sisa kotoran rumput atau daun basah tidak mengganggu kerja mesin.

Untuk info stock produk mesin dan penawaran bisa menghubungi kami di :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *