Tungku Pelebur Logam

Tungku Pelebur Logam di rancang khusus dalam proses peleburan logam di desain dengan teknologi tinggi sehingga mampu bertahan dalam kondisi panas yang tingkat tinggi dalam proses pelebuaran logam.

Deskripsi

Tungku atau tanur pelebur menjadi bagian penting dalam proses pengecoran logam. Tungku atau tanur pelebur dalam pengecoran logam digunakan untuk “memasak” bahan baku yang digunakan untuk membuat barang-barang cor logam. Di industri pengecoran logam Ceper, ada 5 macam Tungku atau tanur pelebur yang digunakan. Berikut ini pembahasan mengenai kelima macam  Tungku atau tanur pelebur tersebut.

5 Macam Tungku atau tanur Pelebur dalam Pengecoran Logam

  1. Tungku atau tanur Besalen

Tanur besalen merupakan tanur yang digunakan ratusan tahun lalu pada awal mula industri pengecoran logam. Tungku ini berbentuk pipa yang dibuat dari batu bata dan dilapisi tanah agar tahan api. Tanah yang digunakan untuk membuat tungku ini berasal dari Bayat. Bahan bakar tungku besalen adalah kayu yang baranya dihembuskan dengan blower. Untuk menjalankan blower ini digunakan tenaga manusia.

  1. Tungku atau tanur Tukik

Kemudian sebagian pengusaha cor logam beralih menggunakan tungku atau tanur tukik. Tanur tukik memiliki kapasitas yang lebih besar dari tanur besalen. Tanur ini menggunakan bahan bakar kayu dan blower yang dijalankan menggunakan tenaga diesel. Aliran cairan logam yang dihasilkan oleh tanur tukik tidak bisa continue.

  1. Tungku atau tanur Kupola

Lalu sebagian pengusaha mulai meninggalkan tanur tukik dan beralih menggunakan tanur kupola. Tanur Kupola menggunakan bahan bakar batu bara dan menggunakan blower untuk menghembuskan baranya. Tanur ini digunakan untuk peleburan ferro (besi). Dalam pengoperasiannya tanur kupola ini tidak memerlukan sumber daya manusia yang banyak. Hingga saat ini tanur kupola masih digunakan oleh sebagian pengusaha cor logam Ceper untuk melakukan pengecoran logam.

Ketiga macam tanur pelebur diatas yaitu tanur besalen, tanur tukik, dan tanur kupola digunakan untuk pengecoran logam dalam skala besar. Sehingga tidak setiap hari dapat dilakukan pengecoran logam. Para pengusaha harus menunggu sampai ada banyak pesanan dulu untuk melakukan pengecoran logam.

  1. Tungku atau tanur Induksi

Tanur induksi muncul berkat adanya kemajuan teknologi dalam pengecoran logam dan dapat disebut sebagai generasi baru teknologi peleburan logam. Tanur induksi ini menggunakan bakan bakar berupa daya listrik dalam pengoperasiannya, sehingga lebih ramah lingkungan. Dengan menggunakan tanur induksi, para pengusaha cor logam dapat membuat varian baru dari produknya. Hal tersebut bisa terjadi karena tungku induksi mampu melebur berbagai macam jenis logam seperti besi dan baja. Selain itu tanur induksi dapat digunakan untuk peleburan berskala kecil, jadi pengusaha bisa kapan saja melakukan pengecoran logam.

Namun, berbagai kelebihan tanur induksi yang telah disebutkan diatas masih terganjal dengan harga yang relatif tinggi. Harga tanur induksi ini mencapai Rp 500 juta lebih untuk per unit nya. Belum semua pengusaha cor logam Ceper mampu membeli tanur ini.

  1. Tungku atau tanur Krusibel

Tanur krusibel merupakan tanur yang digunakan untuk peleburan non ferro seperti aluminium. Bahan bakar tanur krusibel adalah minyak, kemudian api yang dihasilkan akan dihembuskan menggunakan blower.

Dapatkan penawaran harga menarik dengan kualitas terbaik sekarang juga!. Informasi selengkapnya mengenai produk, harga, dan juga pemesanan, silahkan hubungi di 082229992299

Cari Tungku Pelebur LogamDistributor Tungku Pelebur LogamHarga Tungku Pelebur LogamJual Tungku Pelebur LogamJual Tungku Pelebur Logam murahPabrik Tungku Pelebur LogamProdusen Tungku Pelebur LogamTungku Pelebur LogamTungku Pelebur Logam Murah