Cara Membuat Cor Beton Pas dengan Mesin Molen

cara membuat cor beton pas dengan mesin molen

Selama ini jalanan dibuat dengan aspal, baik rebus maupun goreng. Tetapi kekurangan aspal ini terlalu kentara, terlebih ketika musim hujan tiba. Banyak jalanan berlubang lantaran dibuat dari bahan aspal. Tentu tidak mengenakkan bila aspal harus diperbarui terus-menerus. Untuk mengantisipasi hal ini, maka orang lebih memilih menggunakan cor beton untuk membangun jalan maupun pelataran depan rumah. Bila Anda ingin membuat cor beton pula, Anda bisa menggunakan alat yang biasa disebut mesin molen. Lantas bagaimana cara membuat cor beton dari mesin molen? Anda bisa menyimak ulasan di bawah ini:

  1. Tentukan Mutu Beton yang Akan Dipilih

Ada beragam mutu beton bisa Anda pilih. Pun sudah tersedia berikut dengan ukuran serta komposisi bahan yang dibutuhkan. Anda bisa pelajari hal itu dulu dari internet maupun buku bacaan mengenai beton. Bila sudah ditentukan, Anda bisa siapkan bahan-bahan yang diperlukan.

  1. Mempersiapkan Bahan

Ada empat bahan utama yang dibutuhkan untuk membuat cor beton. Yakni semen, air, pasir, dan kerikil. Keempatnya mutlak dibutuhkan bila Anda ingin membuat cor beton yang kuat dan tahan lama. Atau bila Anda ingin membuat kualitas halus, Anda bisa gunakan pasir saja tanpa kerikil.

  1. Memasukkan Bahan Secara Berturut

Oh ya, siapkan pula mesin molen yang hendak digunakan. Setelah itu, siapkan takaran yang dibutuhkan sesuai dengan rekomendasi mutu beton. Masukkan dari bahan halus terlebih dahulu, yakni semen, pasir, kemudian kerikil. Lalu putar mesin supaya bahan tercampur. Tanda sudah tercampur sempurna adalah butiran pasir sudah tidak terlihat lagi.

  1. Tambahkan Air

Setelah adukan tercampur, tambahkan air perlahan-lahan sampai komposisi terpenuhi. Mesin harus tetap berputar selama proses penuangan air ini. Terus operasikan mesin hingga adonan beton sudah tercetak.

Begitulah cara membuat cor beton dari mesin molen. Ternyata mudah sekali dan bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Kalau digunakan dalam skala rumah tangga, Anda bisa gunakan mesin molen kecil. Bila digunakan untuk skala proyek besar, Anda bisa sewa mobil molen atau buat mesin molen custom sesuai ukuran yang dibutuhkan di Futake untuk melakukannya. Semoga berhasil.

Blog

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *