Cara Membuat Briket Dari Bahan Sekitar

cara membuat briket

Kabar dicabutnya subsidi LPG 3 kg membuat kegaduhan baru. Banyak orang berpenghasilan menengah kebawah kebingungan mencari alternatif. Karena selama ini bahan bakar satu-satunya berasal dari gas.

Tahukah Anda kalau bahan bakar alternatif itu ada lho! Bahkan Anda bisa membuat sendiri dari bahan-bahan di sekitar rumah. Bahan bakar ini dinamakan briket. Bahan bakar alternatif ini mampu menghemat energi serta memiliki panas yang tahan lama.

Lantas bahan apa saja yang bisa digunakan untuk membuat briket? Coba Anda tengok di sekitar rumah Anda. Apakah ada tempurung kelapa, serbuk kayu, atau sampah organik di sekitar Anda? Bila ada, semua bahan itu bisa digunakan untuk membuat briket.

Penasaran dengan cara membuat briket ini? Simak ulasan berikut baik-baik ya!

  1. Pengarangan

Prinsip pengarangan adalah membuat supaya bahan-bahan itu menjadi arang, bukannya abu. Kunci keberhasilan ini adalah dengan tidak membiarkan udara masuk keluar dari tungku yang menjadi wadah dari bahan.

Api harus dijaga supaya stabil. Bila bahan belum tercacah, sebaiknya dicacah dulu sampah halus. Bisa dengan menggunakan mesin maupun dengan pencacah manual. Bila bahan sudah berubah menjadi arang berwarna hitam legam, proses pengarangan bisa dihentikan.

  1. Penepungan

Bila bahan sudah berubah menjadi tepung sejak awal, proses ini tidak perlu dilakukan. Tetapi bila bahan masih berupa bongkahan, perlu dihaluskan terlebih dahulu agar teksturnya menyerupai tepung.

  1. Pengayakan

Supaya hasil lebih hasil, proses pengayakan harus dilakukan. Beberapa bagian yang padat akan tersaring oleh saringan yang halus itu. Saringan yang digunakan baiknya memiliki ukuran kelolosan 50 mesh supaya lebih halus.

  1. Pencetakan Briket

Bila semua bahan sudah halus dan tercampur (bila memiliki campuran), sekarang waktu tepat untuk mencetak briket. Anda bisa membeli mesin cetakan briket supaya hasil cetakan rapi dan proses cepat. Apalagi jika ini dijadikan usaha tetap. Tentu mesin cetak briket sangat dibutuhkan. Bila sudah dicetak, masukkan ke dalam oven pengering. Bila tidak memiliki oven pengering, Anda pun bisa menjemur briket ini di bawah matahari langsung. Dan briket sudah bisa digunakan.

Ternyata cara membuat briket itu sangat sederhana sekali. Jadi segera lakukan saja ya!

Blog

Comments are disabled.